6 cara sederhana untuk melindungi kulit Anda di bawah sinar matahari

Hanya membutuhkan waktu 15 menit di bawah sinar matahari untuk merusak kulit Anda.

Sebelum Anda pergi keluar untuk menikmati cuaca hangat dan sinar matahari, berikut ini yang perlu Anda ketahui tentang keamanan matahari dan melindungi kulit Anda.

  1. Selalu gunakan tabir surya.

Menurut forum kulit dan kelamin dari SehatQ.com, tabir surya dapat memblokir sinar ultraviolet (UV). Angka yang lebih tinggi menunjukkan lebih banyak perlindungan. Anda harus menggunakan tabir surya spektrum luas dengan setidaknya SPF 15, bahkan pada hari yang sejuk atau sedikit mendung.

Spektrum luas pada label produk berarti tabir surya menyaring paparan radiasi ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Sinar UVA menembus jauh ke dalam kulit dan sebagian besar bertanggung jawab atas penuaan dini dan kanker kulit. Sinar UVB mempengaruhi permukaan kulit dan menyebabkan kulit terbakar.

Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya yang tebal di seluruh bagian kulit yang terpapar. Dapatkan bantuan untuk tempat-tempat yang sulit dijangkau seperti punggung Anda. Berikut beberapa hal tambahan yang perlu diperhatikan saat menggunakan tabir surya:

Tabir surya hilang. Pakai lagi jika Anda berada di bawah sinar matahari selama lebih dari dua jam dan setelah berenang, berkeringat atau menggunakan handuk.

Menurut forum kesehatan, Tabir surya tanpa tanggal kadaluwarsa memiliki umur simpan tidak lebih dari tiga tahun, namun umur simpannya lebih pendek jika terkena suhu tinggi. Pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa tabir surya Anda.

Beberapa makeup dan lip balm mengandung beberapa bahan kimia yang sama yang digunakan dalam tabir surya. Jika mereka tidak memiliki setidaknya SPF 15, jangan gunakan sendiri.

  1. Hindari puncak matahari.

Usahakan untuk tidak menjadwalkan aktivitas luar ruangan antara pukul 10 pagi hingga 4 sore.

  1. Temukan tempat teduh.

Anda dapat mengurangi risiko kerusakan kulit dan kanker kulit dengan mencari keteduhan di bawah payung, pohon, atau tempat berteduh lainnya. Bahkan saat Anda berada di tempat teduh, pastikan untuk melindungi kulit Anda dengan menggunakan tabir surya atau pakaian pelindung.

  1. Pikirkan tentang pakaian Anda.

Kemeja lengan panjang, celana panjang, dan rok bisa melindungi Anda dari sinar UV. Kain tenun ketat menawarkan perlindungan terbaik. Kaos basah menawarkan perlindungan UV yang jauh lebih sedikit daripada yang kering, dan warna yang lebih gelap melindungi lebih dari yang lebih terang. Beberapa pakaian yang disertifikasi di bawah standar internasional dibuat khusus untuk memberikan perlindungan UV.

Jika mengenakan pakaian seperti ini tidak praktis, coba kenakan kaus oblong atau penutup pantai. Ingatlah bahwa kaos biasa memiliki peringkat SPF lebih rendah dari 15, jadi gunakan juga jenis pelindung lainnya.

  1. Kenakan topi.

Untuk perlindungan maksimal, kenakan topi dengan pinggiran yang menutupi wajah, telinga, dan bagian belakang leher Anda. Kain tenun yang rapat, seperti kanvas, paling cocok untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV. Hindari topi jerami dengan lubang yang memungkinkan sinar matahari masuk. Topi yang lebih gelap mungkin menawarkan lebih banyak perlindungan terhadap sinar UV.

Jika Anda memakai topi baseball, Anda juga harus melindungi telinga dan bagian belakang leher Anda. Kenakan pakaian yang menutupi area tersebut, gunakan tabir surya spektrum luas atau tetap di tempat teduh.

  1. Kacamata juga penting.

Kacamata hitam melindungi mata Anda dari sinar UV dan mengurangi risiko katarak. Mereka juga melindungi kulit lembut di sekitar mata Anda dari paparan sinar matahari.

Kacamata hitam yang menghalangi sinar UVA dan UVB menawarkan perlindungan terbaik. Kacamata hitam pembungkus bekerja paling baik karena menghalangi sinar UV masuk dari samping.